Pentingnya Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Samsul Bahri - Jumat, 14 Juni 2024 22:57 WIB
Pentingnya Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Novaria Br. Ginting, S.E Guru IPS SMP Negeri 1 Bagan Sinemba.

datanews.id -Guru adalah seorang pendidik yang bertanggungjawab untuk menginspirasi dan memotivasi peserta didiknya melalui berbagai metode pengajaran dan pembelajaran. Menjadi guru profesional yang handal memerlukan kerja keras untuk terus meningkatkan kompetensinya melalui berbagai seminar, lokakarya, konferensi, dan pelatihan.


Profesionalisme guru sangat diharapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Guru yang berdedikasi tinggi dan selalu berinovasi dalam proses pembelajaran akan mendidik peserta didik menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh. Peserta didik perlu didampingi oleh guru-guru terpelajar agar dapat memaksimalkan potensi diri dan menjadi sumber inspirasi bagi yang lain.

Adapun kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, telah diatur pada pasal 10 ayat (1) Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa Guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Keempat kompetensi tersebut bersifat menyeluruh dan menjadi satu kesatuan yang menjadi ciri guru profesional.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mustofa (2012) tentang upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru, seorang guru harus memiliki standar profesional yang tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa seorang guru akan memiliki profesionalisme jika mereka memenuhi standar profesional. Namun, ini tidak menghilangkan kemungkinan bahwa proses pendidikan dan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Saifulloh etal. (2012) menunjukkan bahwa suatu strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan memerlukan pelatihan seperti seminar workshop untuk memberikan inovasi kepada guru dan memperlengkapi mereka sebagai pendidik melalui pendekatan sekolah dan metode pembelajaran yang menyenangkan.

Moleong (2007), untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pendidikan harus memiliki proses pembelajaran yang fleksibel, beragam, dan menyenangkan. Jika ini dilakukan, pendidikan dan proses pembelajaran akan dianggap berhasil sesuai dengan standar pendidikan.

Ada beberapa alasan mengapa guru harus meng-upgrade diri dalam mengajar, yaitu sebagai berikut: 1. Guru merupakan tokoh utama penentu kualitas pendidikan suatu bangsa, 2. Guru mewariskan nilai-nilai dan norma masyarakat kepada peserta didik, 3. Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang dan maju, 4. Kualitas peserta didik berbanding lurus dengan kualitas guru, 5. Hanya guru yang berkualitas tinggi yang akan bertahan.

Adapun beberapa upaya yang bisa dilakukan dalam pengembangan profesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar adalah dengan: 1. Kegiatan pelatihan tentang pembuatan media atau perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, 2. Kegiatan pelatihan keterampilan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar (Canva, Baamboozle, Kahoot, Quizizz, EdPuzzle, dan lainnya), 3. Kegiatan workshop atau pelatihan guru tentang menyusun dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah baik secara daring ataupun luring, 4. Memperbanyak literasi dan numerasi.

Guru harus memiliki komitmen yang kuat untuk senantiasa belajar dan mengembangkan dirinya sendiri agar mampu mengelola kelas dengan efektif serta memberikan bimbingan kepada peserta didiknya agar tercapai prestasi gemilang di masa depan.

Guru yang profesional harus mampu menyajikan pembelajaran yang dapat memberikan keleluasaan dan mampu mengakomodir kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik yang berbeda-beda.

Mari bapak ibu guru hebat untuk terus meng-upgrade diri sesuai dengan perkembangan zaman dengan mengikuti berbagai pelatihan, seminar workshop, konferensi, lokakarya, dan lainnya. Kompetensi guru yang terus ditingkatkan akan menghasilkan lulusan sekolah yang mampu bersaing di kancah global.

"Guru adalah orang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar".

Penulis: Novaria Br. Ginting, S.E Guru IPS SMP Negeri 1 Bagan Sinembah, NIM 2386110167 Mahasiswa Magister Pedagogi Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Riau


SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru