Ketika Ilmu Diangkat

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya menjelang hari kiamat nanti akan ada hari-hari di mana ilmu itu diangkat, kebodohan turun/merebak di mana-mana, dan banyak terjadi al-harj."
Yang dimaksud dengan al-harj adalah pembunuhan. (Lihat Shahih Al-Bukhari bersama Fath Al-Bari tahqiq Syaibatul Hamd, Juz 13, hal. 16.)
Dari Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash radhiyallahu 'anhu. Dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Sesungguhnya Allah tidaklah mencabut ilmu secara langsung dengan melenyapkan ilmu itu dari manusia. Akan tetapi, Allah mencabut ilmu dengan mencabut nyawa para ulama. Sehingga apabila Allah tidak menyisakan orang berilmu lagi, orang-orang pun mengangkat para pemimpin yang bodoh. Mereka pun ditanya dan berfatwa tanpa ilmu. Mereka sesat dan menyesatkan.'" (HR. Bukhari)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, "Kedudukan dan kekuasaan tidak bisa mengubah orang yang bukan alim mujtahid menjadi alim mujtahid. Seandainya hak berbicara tentang urusan ilmu dan agama diperoleh dengan sebab kekuasaan dan kedudukan, niscaya khalifah dan raja adalah orang yang paling berhak berbicara tentang ilmu dan agama. Sehingga orang-orang merujuk kepadanya dalam mencari solusi bagi masalah ilmu maupun agama yang mereka hadapi. Apabila ternyata khalifah dan raja tidak mendakwakan hal itu ada pada dirinya, demikian juga rakyat tidak wajib menerima pendapatnya tanpa melihat pendapat lain, kecuali apabila selaras dengan Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam, maka orang-orang yang lebih rendah kedudukannya daripada raja lebih pantas untuk tidak melampaui kapasitas dirinya …" (Lihat Qawa'id fi At-Ta'amul ma'al 'Ulama, karya Syekh Abdurrahman bin Mu'alla, hal. 28.)
Syekh Abdullah bin Shalfiq hafizhahullah berkata, "… Bahwasanya salah satu pokok manhaj salaf adalah keterkaitan erat dengan ilmu dan para ulama. Dan bahwasanya hal ini termasuk perkara yang diwasiatkan Allah. Di dalamnya terkandung kebaikan, kebahagiaan, dan keselamatan dari segala fitnah. Karena sesungguhnya dengan perginya para ulama atau tidak adanya jalinan dengan mereka menyebabkan lenyapnya ilmu dan agama. Itu pula yang menyebabkan merebaknya kebodohan dan fitnah (kekacauan), sehingga manusia setelah mereka akan mengangkat pemimpin-pemimpin yang bodoh, yang mereka itu sesat lagi menyesatkan." (Lihat Haqiqah Al-Manhaj As-Salafi, hal. 14.)
Suatu ketika, ada seorang lelaki yang menemui Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu. Lelaki itu bertanya, "Wahai Abu Abdirrahman, amal apakah yang paling utama?" Beliau menjawab, "Ilmu." Kemudian dia bertanya lagi, "Amal apakah yang paling utama?" Beliau menjawab, "Ilmu." Lantas lelaki itu berkata, "Aku bertanya kepadamu tentang amal yang paling utama, lantas kamu menjawab ilmu?!" Ibnu Mas'ud menimpali perkataannya, "Aduhai betapa malangnya dirimu, sesungguhnya ilmu tentang Allah merupakan sebab bermanfaatnya amalmu yang sedikit maupun yang banyak. Dan kebodohan tentang Allah akan menyebabkan amal yang sedikit maupun yang banyak menjadi tidak bermanfaat bagimu." (Lihat Syarh Shahih Al-Bukhari, karya Ibnu Baththal, 1: 133)
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, "Ilmu tentang Allah adalah pokok dari segala ilmu. Bahkan, ia menjadi pondasi ilmu setiap hamba guna menggapai kebahagiaan dan kesempurnaan diri, bekal untuk meraih kemaslahatan dunia dan akhiratnya. Sementara bodoh tentang ilmu ini menyebabkan ia bodoh tentang dirinya sendiri dan tidak mengetahui kemaslahatan dan kesempurnaan yang harus dicapainya, sehingga dia tidak mengerti apa saja yang bisa membuat jiwanya suci dan beruntung. Oleh karena itu, ilmu tentang Allah adalah jalan kebahagiaan hamba, sedangkan tidak mengetahui ilmu ini adalah sumber kebinasaan dirinya." (Lihat Al-'Ilmu, Fadhluhu wa Syarafuhu, hal. 98.)
Allah Ta'ala berfirman,
وَلَا تَكُونُوا۟ كَٱلَّذِینَ نَسُوا۟ ٱللَّهَ فَأَنسَىٰهُمۡ أَنفُسَهُمۡۚ
"Janganlah kalian seperti orang-orang yang melupakan Allah sehingga Allah pun membuat mereka lupa akan diri-diri mereka sendiri." (QS. Al-Hasyr: 19)
Ayat ini menunjukkan bahwa barangsiapa yang melupakan Allah, niscaya Allah akan membuat dirinya lupa akan hakikat dan kemaslahatan dirinya. Sehingga orang itu pun akan lupa tentang hal-hal yang membawa kebaikan bagi dunia dan akhiratnya. Oleh sebab itu, hidupnya berubah laksana gaya hidup binatang. Bahkan, bisa jadi binatang jauh lebih baik keadaannya daripada dirinya. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu tentang Allah adalah pokok segala ilmu. Ilmu tentang Allah merupakan pondasi ilmu seorang hamba mengenai kebahagiaan, kesempurnaan, dan kemaslahatan dunia dan akhiratnya. Adapun kebodohan tentang Allah (baca: tidak paham tauhid) adalah sumber kehancuran dirinya. (Lihat Miftah Dar as-Sa'adah, 1:312.)
Sufyan bin 'Uyainah rahimahullah mengatakan, "Barangsiapa yang rusak di antara ahli ibadah kita, maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan orang Nasrani. Barangsiapa yang rusak di antara ahli ilmu kita, maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan orang Yahudi." (Lihat Ighatsat Al-Lahfan, hal. 36.)
Imam Ahmad rahimahullah berkata, "Manusia jauh lebih banyak membutuhkan ilmu daripada kebutuhan mereka kepada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman dibutuhkan (untuk dikonsumsi) dalam sehari sekali atau dua kali saja. Adapun ilmu, maka ia dibutuhkan (untuk dipahami, pent) sebanyak hembusan nafas." (Lihat Miftah Daris Sa'adah, 1: 248-249.)
Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata, "Hendaklah kalian menuntut ilmu sebelum ia dicabut. Dan dicabutnya ilmu itu adalah dengan meninggalnya orang yang membawanya." (Lihat Shahih Jami' Bayanil 'Ilmi wa Fadhlihi, hal. 196.)
Diriwayatkan bahwa Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata, "Senantiasa ada orang berilmu yang meninggal dan karena itulah bekas-bekas kebenaran semakin luntur dan hilang. Hingga banyaklah orang yang bodoh dan lenyaplah ahli ilmu. Maka, mereka pun beramal dengan dasar kebodohan. Mereka beragama tidak dengan ajaran yang benar. Dan mereka pun tersesat dari jalan yang lurus." (Lihat Shahih Jami' Bayanil 'Ilmi wa Fadhlihi, hal. 199.)
Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata, "Ilmu itu ada dua macam. Ilmu yang tertancap di dalam hati dan ilmu yang sekedar berhenti di lisan. Ilmu yang tertancap di hati itulah ilmu yang bermanfaat, sedangkan ilmu yang hanya berhenti di lisan itu merupakan hujah/bukti bagi Allah untuk menghukum hamba-hamba-Nya." (Lihat Al-Iman, takhrij Al-Albani, hal. 22.)
Imam Al-Barbahari rahimahullah berkata, "Ketahuilah, semoga Allah merahmatimu, sesungguhnya ilmu bukanlah semata-mata dengan memperbanyak riwayat dan kitab. Sesungguhnya orang yang berilmu adalah yang mengikuti ilmu dan sunah, meskipun ilmu dan kitabnya sedikit. Dan barangsiapa yang menyelisihi Al-Kitab dan As-Sunnah, maka dia adalah penganut bid'ah, meskipun ilmu dan kitabnya banyak." (Lihat Da'a'im Minhaj Nubuwwah, hal. 163.)
Sufyan Ats-Tsauri berkata, "Dahulu ibuku berpesan kepadaku, 'Wahai anakku, janganlah kamu menuntut ilmu, kecuali jika kamu berniat mengamalkannya. Kalau tidak, maka ia akan menjadi bencana bagimu di hari kiamat.'" (Lihat Ta'thir Al-Anfas, hal. 579.)
Ubay bin Ka'ab berkata, "Pelajarilah ilmu dan beramallah dengannya. Janganlah kalian mencari ilmu untuk hanya berhias diri. Sesungguhnya hampir-hampir saja muncul apabila umur kalian masih panjang ketika ilmu dijadikan sebagai perhiasan seperti halnya seorang yang berhias diri dengan pakaiannya." (Lihat Shahih Jami' Bayanil 'Ilmi wa Fadhlihi, hal. 247.)
Waki' bin Al-Jarrah rahimahullah berkata, "Barangsiapa menimba ilmu hadis sebagaimana datangnya (apa adanya, pen), maka dia adalah pembela sunah. Dan barangsiapa yang menimba ilmu hadis untuk memperkuat pendapatnya semata, maka dia adalah pembela bid'ah." (Lihat Mukadimah Tahqiq Kitab Az-Zuhd, hal. 69.)
Sufyan bin 'Uyainah rahimahullah berkata, "Bukanlah seorang alim (ahli ilmu) orang yang mengetahui kebaikan dan keburukan. Akan tetapi, sesungguhnya orang yang alim adalah yang mengetahui kebaikan lalu mengikutinya dan mengetahui keburukan lalu berusaha menjauhinya." (Lihat Min A'lam As-Salaf, 2: 81.)
Al-Fudhail bin 'Iyadh berkata, "Hendaknya kamu disibukkan dengan memperbaiki dirimu, janganlah kamu sibuk membicarakan orang lain. Barangsiapa yang senantiasa disibukkan dengan membicarakan orang lain, maka sungguh dia telah terpedaya." (Lihat Ar-Risalah Al-Mughniyah fi As-Sukut wa Luzum Al-Buyut, hal. 38.)
Imam Ibnul Qayyim berkata, "… Seandainya ilmu bisa bermanfaat tanpa amalan, niscaya Allah Yang Mahasuci tidak akan mencela para pendeta Ahli Kitab. Dan jika seandainya amalan bisa bermanfaat tanpa adanya keikhlasan, niscaya Allah juga tidak akan mencela orang-orang munafik." (Lihat Al-Fawa'id, hal. 34.)

Abu Kuta Krueng, Ulama Besar Kharismatik Aceh Meninggal Dunia

Milikilah Ilmu, Karena Ilmu Menjagamu

Benarkah Satu Istri Lebih Utama ?

Tidak Datang Suatu Zaman, Kecuali Lebih Buruk Dari Sebelumnya

Sampai Kapan Kita Menuntut Ilmu ?
