Ketika Ilmu Diangkat

Rio Agusri - Senin, 02 Desember 2024 06:00 WIB
Ketika Ilmu Diangkat
Ilustrasi (Foto int)

Syekh Shalih Al-Fauzan berkata, "Ikhlas itu adalah seorang insan berniat dengan amalnya untuk mencari wajah Allah. Dan dia tidak bermaksud untuk mencari kepentingan dunia apapun atau mencari pujian dan sanjungan dari manusia. Dia tidak mendengarkan celaan mereka ketika mencelanya. Seperti perkataan mereka, 'Si fulan mutasyaddid (keras)' atau 'si fulan itu begini dan begitu' selama dia berada di atas jalan yang benar dan di atas sunnah, maka tidak membahayakan dirinya apa yang diucapkan oleh orang-orang. Dan tidak menggoyahkannya dari jalan Allah celaan dari siapa pun juga." (Lihat I'anatul Mustafid, 1: 104.)

Ada yang berkata kepada Sa'id bin Jubair, "Apakah tanda kebinasaan umat manusia?" Maka, beliau menjawab, "Yaitu, tatkala para ulama meninggal di antara mereka." (Disebutkan oleh Al-Baghawi dalam tafsirnya.)

Imam Abu Zur'ah rahimahullah berkata, Aku mendengar Qutaibah berkata, "(Sufyan) Ats-Tsauri telah meninggal, maka matilah wara' (sifat kehati-hatian). Syafi'i telah meninggal pula dan matilah sunah-sunah (hadis). Dan Ahmad bin Hanbal meninggal, sehingga merebaklah bid'ah-bid'ah." (Lihat Tarajim Al-A'immah Al-Kibar, hal. 49; dan Manaqib Al-A'immah Al-Arba'ah, hal. 115.)

Muhammad bin Abi Hatim rahimahullah mengatakan, Aku mendengar Yahya bin Ja'far Al-Baikandi berkata, "Seandainya aku mampu menambah umur Muhammad bin Isma'il (Imam Bukhari) dari jatah umurku, niscaya akan aku lakukan. Karena kematianku adalah kematian seorang lelaki biasa. Adapun kematiannya berarti lenyapnya ilmu (agama)." (Lihat Tarajim Al-A'immah Al-Kibar, hal. 118.)

Abu Ja'far Muhammad bin 'Ali rahimahullah berkata, "Demi Allah! Sungguh kematian seorang 'alim/ahli ilmu lebih dicintai Iblis daripada kematian tujuh puluh orang ahli ibadah." (Lihat Syarh Manzhumah Mimiyah, hal. 78.)

Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata kepada para sahabatnya, "Sesungguhnya kalian sekarang ini berada di masa para ulamanya masih banyak dan tukang ceramahnya sedikit. Dan akan datang suatu masa setelah kalian di mana tukang ceramahnya banyak, namun ulamanya amat sedikit." (Lihat Qawa'id fi At-Ta'amul ma'al 'Ulama)

Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullah berkata, "Ilmu tidak diukur semata-mata dengan banyaknya riwayat atau banyaknya pembicaraan. Akan tetapi, ia adalah cahaya yang ditanamkan ke dalam hati. Dengan ilmu itulah seorang hamba bisa memahami kebenaran. Dengannya pula, seorang hamba bisa membedakan antara kebenaran dengan kebatilan. Orang yang benar-benar berilmu akan bisa mengungkapkan ilmunya dengan kata-kata yang ringkas dan tepat sasaran." (Dinukil dari Qawa'id fi At-Ta'amul ma'al 'Ulama, hal. 39)

Syekh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah berkata,

" ما من إنسان في الغالب أعطي الجدل إلا حرم بركة العلم ؛ لأن غالب من أوتي الجدل يريد بذلك نصرة قوله فقط ، وبذلك يحرم بركة العلم ..

أما من أراد الحق ؛ فإن الحق سهل قريب ، لا يحتاج إلى مجادلات كبيرة ؛ لأنه واضح ..

ولذلك تجد أهل البدع الذين يخاصمون في بدعهم علومهم ناقصة البركة لا خير فيها ، وتجد أنهم يخاصمون ويجادلون وينتهون إلى لا شيء ! .. لا ينتهون إلى الحق . "

"Tidaklah ada seorang insan (pada umumnya) yang diberikan hobi debat (berbantah-bantahan), kecuali dia pasti terhalang dari keberkahan ilmu. Karena kebanyakan orang diberi kepandaian mendebat (suka membantah) hanya ingin dengan debatnya itu untuk membela pendapatnya sendiri. Dengan sebab itulah ia terhalang dari keberkahan ilmu.

Adapun orang yang menginginkan kebenaran, maka sesungguhnya kebenaran itu mudah dan dekat (tidak sulit diperoleh), ia tidak butuh kepada banyak perdebatan yang besar; karena kebenaran itu gamblang. Oleh sebab itu anda dapati bahwa ahli bid'ah yang suka membela kebid'ahan mereka dengan segala bentuk perdebatan (bantahan), ilmu mereka itu minim keberkahan, yaitu tidak ada kebaikan padanya sama sekali. Dan anda bisa jumpai bahwa mereka suka mendebat dan membantah hingga pada akhirnya mereka tidak mendapatkan hasil apa-apa [yang bermanfaat]! … Artinya mereka tidak menggapai kebenaran." (Tafsir Surat Al-Baqarah, 2: 444.)

Abu Abdillah Ar-Rudzabari rahimahullah berkata, "Barangsiapa yang berangkat menimba ilmu sementara yang dia inginkan semata-mata ilmu, maka ilmunya tidak akan bermanfaat baginya. Dan barangsiapa yang berangkat menimba ilmu dalam rangka mengamalkan ilmu, niscaya ilmu yang sedikit pun akan bermanfaat baginya." (Lihat Al-Muntakhab min Kitab Az-Zuhd wa Ar-Raqa'iq, hal. 71)

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa menimba ilmu (agama) untuk bersikap lancang (membanggakan diri) kepada para ulama, atau untuk mendebat (melecehkan) orang-orang dungu, atau demi memalingkan wajah-wajah manusia kepada dirinya (mencari ketenaran), maka Allah akan masukkan dia ke dalam neraka." (HR. Tirmidzi, Al-Albani mengatakan hadis ini sahih lighairihi.) (Lihat Al-'Ilmu, Wasa'luhu wa Tsimaruhu, hal. 18)

Hal ini mengisyaratkan bahwa penimba ilmu harus membersihkan hatinya dari segala hal yang merusak berupa tipu daya (sifat curang), kotoran dosa, iri, dan dengki, ataupun keburukan akidah dan kejelekan akhlak. Ilmu adalah ibadah hati, dan tidak mungkin ilmu bisa diserap dengan baik, kecuali apabila hati itu bersih dari segala hal yang mengotorinya. Sahl rahimahullah berkata, "Haram bagi hati yang memendam sesuatu yang dibenci oleh Allah 'Azza wa Jalla untuk dimasuki cahaya (ilmu)." (Lihat kitab Tadzkiratus Sami' wal Mutakallim karya Ibnu Jama'ah, halm. 86.)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa yang mencari ilmu (agama) yang seharusnya dia pelajari demi mengharap wajah Allah 'azza wa jalla sedangkan ternyata dia justru mempelajarinya untuk mencari suatu bentuk kesenangan (perhiasan) dunia, maka dia tidak akan mendapatkan bau harum surga pada hari kiamat." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan lain-lain, dan dinyatakan sahih lighairihi oleh Al-Albani) (Lihat Fiqh Da'wah wa Tazkiyatun Nafs, hlm. 11.)




Sumber: muslim or.id


SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru